Pemberdayaan

Ekonomi Masyarakat Dhu'afa

 

Salurkan Donasi Terbaik Sahabat Melalui Rekening :

BNI Syariah - 102 1234 029

BSM - 701 771 7094

an. Yayasan Ibnu Sina - Lazisna

Warung Sejahtera

program pendampingan usaha kecil dengan melakukan mentoring berkala dan bantuan modal usaha berupa barang dagangan.

Sinergi program warung Baitul Maal 1895

program pendampingan usaha kecil dengan melakukan mentoring berkala dan bantuan modal usaha berupa barang dagangan.

Pemberdayaan sesungguhnya adalah upaya sadar memerdekakan manusia dari ketidakberdayaan, kemiskinan, dan kebodohan. Apabila keberdayaan dipahami sebagai upaya membebaskan manusia dan masyarakat secara sistematis dari tiga belenggu itu, maka niscaya manusia dan masyarakat akan keluar dari jeratan kemiskinan.

Visi :

“Memberikan pendidikan atau pelatihan yang baik dan bermanfaat bagi yang membutuhkan sebagai perwujudan pembangunan peradaban Islam yang kuat dan kokoh.”

 

Misi :

- Mencerdaskan anak bangsa dalam mengimbangi kemajuan teknologi.

- Menumbuhkan kepercayaan diri yang kuat sehingga tampil menjadi pribadi muslim yang mandiri.

- Memberikan kesempatan yang sama dalam berkarya serta berinovasi bagi saudara-saudara kita.

- Memotivasi masyarakat yang tidak mampu dalam meraih cita-citanya setinggi langit.

- Menempatkan masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk berpendidikan tinggi dapat diberdayakan

- (empowering) sehingga memiliki ketrampilan agar bisa menambah penghasilannya.

Pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan pertumbuhan ekonomi. Pada kondisi masyarakat saat ini, sungguh sebuah dilema kehidupan yang tetap dijalani oleh setiap lapisan masyarakat. Lapangan pekerjaan yang sulit menjadi harapan bagi sebagian orang dan terkadang harus bersaing untuk mendapatkannya.

 

Dominasi masyarakat Indonesia yang berjenis kelamin perempuan  juga merupakan hal yang semestinya menjadi perhatian penuh berbagai pihak. Para kaum perempuan atau masyarakat usia kerja yang masih menganggur dapat diberikan suatu pelatihan agar bisa memberi penghasilan untuk kehidupannya, dan banyaknya anak putus sekolah bahkan yang baru lulus tanpa  memiliki keahlian tertentu sangat membutuhkan pendampingan dan pelatihan ketrampilan agar mereka bisa menghasilkan sesuatu karya yang dapat menambah penghasilan mereka.

Untuk itu LAZISNA membuat program khusus pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan kewirausahaan dan pendampingan, berbagai pelatihan-pelatihan serta monitoring, evaluasi dan pembinaan yang dilakukan secara rutin dan  terukur, serta memberikan kesempatan untuk bisa terjun langsung dalam aktivitas pemasaran hasil  produk  di Unit-unit koperasi dan sekolah Yayasan Ibnu Sina sehingga produk mudah dikenal masyarakat.  Sehingga mereka dapat menghasilkan uang untuk membiayai pengeluaran keluarga. Dan generasi pemuda akan sibuk mengembangkan kreativitas dan bakatnya dalam berbisnis  dan aktifitas yang sehat dan positif serta memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk terjun ke  masyarakat.

 

Semoga program ini dapat terlaksana dengan baik, berkesinambungan dan mampu meningkatkan taraf hidup serta kinerja yang baik bagi para pemuda generasi harapan bangsa untuk bisa mandiri demi ketahanan keluarga di masa-masa mendatang.