gallery/menu
gallery/logo laz
gallery/peduli muslim website
gallery/fb
gallery/twitter
gallery/google
gallery/ins
gallery/afrika timur kelaparan

Ini Alasan Jutaan Orang di Afrika Timur Kelaparan

 

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang krisis di Afrika Timur, dilansir laman Reuters:

- Lebih dari 16 juta orang tidak tahu bagaimana mereka bisa menemukan makanan dan anak-anak menghadapi resiko kematian karena kelaparan.

- Hujan pada musim semi mendatang diperkirakan akan turun dalam curah hujan yang sangat rendah. Dengan demikian, orang-orang akan membutuhkan air, makanan, dan bantuan darurat lainnya di sepanjang 2017.

SUDAN SELATAN

- Sudan Selatan menghadapi krisis pengungsi terbesar di Afrika. Tiga juta penduduknya kehilangan tempat tinggal akibat perang sipil di negara termuda di dunia itu.

- Lebih dari 100 ribu penduduk Sudan Selatan mengalami kelaparan dan lebih dari satu juta lainnya berada di ambang kelaparan.

- Hampir lima juta orang, atau lebih dari empat dari 10 penduduk, kekurangan makanan dan air.

- Para pekerja kemanusiaan sulit mencapai lokasi kekeringan karena banyaknya bentrokan, penolakan akses di pos pemeriksaan, dan penjarahan.

SOMALIA

- Di wilayah Somalia yang dilanda perang, lebih dari enam juta orang tidak memiliki akses terhadap makanan dan ada 360 ribu anak yang menderita kekurangan gizi akut.

- Para ahli memperingatkan, bencana kelaparan kali ini akan seperti bencana kelaparan pada 2011, yang menewaskan 260 ribu orang.

ETHIOPIA

- Di Ethiopia, 5,6 juta orang membutuhkan bantuan pangan darurat karena kekeringan ekstrim dan angka ini kemungkinan akan meningkat.

- Sebanyak tiga juta anak-anak dan wanita hamil diproyeksikan akan mengalami kekurangan gizi pada Mei mendatang.

KENYA

- Di Kenya, sebanyak 2,7 juta orang membutuhkan bantuan pangan karena kekeringan, terutama di daerah gersang.

- Pemerintah Kenya menyatakan kekeringan sebagai bencana nasional pada Februari lalu.